HI

Hi teman-teman terimaksih da masuk blog saya

Datang

Selamat datang di blognya orang pendiam

About Me

Sunday, June 1, 2008


Puas Dulu


3 Italia v Belgia 1 (Friendly Game)

FLORENCE - Italia masih layak menjadi favorit juara di pentas Euro 2008. Gli Azzurri -julukan Timnas Italia- menunjukkan potensi itu saat membekap Belgia 3-1 (2-0) dalam laga uji coba di Stadion Artemio Franchi di Florence, Italia, dini hari kemarin (31/5) WIB.

Karena uji coba tersebut merupakan laga terakhir Italia sebelum bertolak ke Austria-Swiis, Roberto Donadoni, arsitek Italia, sengaja menurunkan komposisi terbaik. Hasilnya, dia menyatakan puas. Apalagi, laga di kandang klub Serie A, Fiorentina, itu sempat diguyur hujan.

"Itu adalah hasil yang sangat penting. Memang masih ada sedikit celah, tapi permainan yang kami perlihatkan sudah cukup bagus," ungkapnya setelah pertandingan kepada Channel4. Di awal pertandingan, Donadoni langsung memainkan skema favoritnya, 4-3-3, dengan Luca Toni sebagai target man yang didukung oleh Mauro Camoranesi di flank kanan dan Antonio Di Natale di kiri.

Satu-satunya kejutan adalah dimainkannya gelandang muda AS Roma Alberto Aquilani sebagai starter. Italia pun tak perlu menunggu lama untuk memuaskan sekitar 12.500 tifosi-nya. Pada menit kesembilan, juara dunia 2006 tersebut leading via Di Natale setelah menerima umpan terukur dari Andrea Pirlo. Di Natale kembali menjadi bintang tuan rumah setelah melesakkan gol kedua pada menit ke-41. Hasil sodoran Aquilani sekaligus memastikan gol ketujuh penyerang Udinese tersebut dari 18 kali membela Azzurri.

Aksi impresif Di Natale itu sempat dipuji oleh Donadoni. "Di Natale melakukan apa yang seharusnya. Dia luar biasa sepanjang musim dan menuju Euro 2008 dengan kepercayaan diri tinggi," ujar allenatore (pelatih) berusia 44 tahun tersebut.

Di babak kedua, Di Natale digantikan oleh Alessandro "Alex" Del Piero. Masuknya Alex memudahkan Camoranesi yang juga rekan setimnya di Juventus mencetak gol ketiga Italia pada menit ke-48. Unggul 3-0, Italia sedikit mengendurkan tekanan. Dampaknya, Belgia mampu mencuri sebiji gol di pengujung pertandingan lewat Wesley Sonck.

Dalam laga kemarin, Donadoni melakukan enam pergantian. Fokus utama ada di lini depan. Sebab, mantan pelatih Livorno itu ingin mencoba semua barisan penyerangnya, minus Fabio Quagliarella. Dia juga memainkan Giorgio Cheillini sekalipun difensore alias bek asal Juventus tersebut baru saja mendapatkan lima jahitan di bibir setelah bertabrakan dengan Gennaro Gattuso di sesi latihan sehari sebelumnya.

Gianluigi Buffon, kiper Italia, menyatakan bahwa kemenangan atas Belgia menaikkan moral timnya sebelum "bertempur" di Euro 2008. "Saat ini, moral tim sama seperti saat memenangi Piala Dunia 2006," ucap kiper berusia 30 tahun itu kepada Football Italia.

Italia dijadwalkan tiba di Wina, Austria, pada Senin (2/6). Kenapa Wina? Bukankah Italia yang tergabung di Grup C bersama Prancis, Belanda, dan Rumania akan bermain di Swiss (Zurich dan Berne)? Benar, tapi rombongan Azzurri telah memilih bermarkas di Baden, sebuah kota wisata yang berjarak 26 km arah selatan Wina.

Baden sengaja dipilih oleh Italia karena kota itu menjadi tujuan pelesir wisatawan, khususnya dari Negeri Pizza. Selain itu, Baden punya beraneka hiburan, mulai pemandian air hangat, kasino, hingga areal kebun anggur yang sangat luas. Sementara sebagai lokasi latihan tim, Italia memilih Stadion Sudstadt di Enzeldorf yang menjadi markas klub Divisi Utama Austria, VfB Admira Wacker. (dns/iro)

SUSUNAN TIM

ITALIA: Buffon (g); Panucci/Grosso (46'), Cannavaro/Chiellini (46'), Barzagli, Zambrotta; Gattuso, Pirlo, Aquilani/Ambrosini (75'); Camoranesi/Cassano (61'), Di Natale/Del Piero (46'); Toni/Borriello (75')

PELATIH: Roberto Donadoni

No comments: